Monday 9 August 2010

Hati-hati: Rembesan Air Menyerang Tembok Anda

2 comments:
 
Tempat tinggal merupakan istana pribadi bagi semua orang. Dengan adanya rumah, manusia bisa berlindung dari teriknya matahari, dinginnya malam dan dari terpaan hujan sekalipun.

Banyak hal yang dilakukan sedemikian rupa sehingga tempat tinggal itu menjadi nyaman bagi kita. Mulai dari memoles tembok dan lantainya sehingga halus, memberi cat yang indah, sampai pada bagian luar yaitu memasang atap yang mantap dan pewarnaan tembok eksterior.

Namun apa jadinya bila air sudah mulai menyerang tembok rumah kita yang dikenal dengan kata merembes. Hmm, memang menjengkelkan biasanya karena mengakibatkan bercak-bercak kecoklatan dalam tembok rumah. Tidak hanya terlihat kotor, tapi membuat tembok kadang menjadi lapuk.

Air merupakan elemen yang terdiri dari pertikel-partikel yang amat kecil. Setiap partikel itu selalu mencoba mengisi ruang yang ada, layaknya pada tembok. Dinding yang dilihat begitu keras dan padat sebenarnya memiliki celah-celah yang lumayan kecil pula. Namun tidak sekecil partikel air. Nah, inilah yang mengakibatkan air bisa merembes dan meresap ke dalam tembok anda.

Kenapa bisa terjadi?
Tembok yang panas akibat radiasi matahari akan retak ketika terkena air, apalagi saat tiba-tiba hujan (retakan dalam skala yang cukup kecil). Inilah salah satu faktor yang mempengaruhi air merembes. Semakin sering hal itu terjadi semakin cepat pula tembok kalah oleh air.

Kalau tidak salah kebanyakan tembok / dinding yang mengalami kejadian seperti itu biasanya terjadi ketika musim hujan.

Solusi kecilnya!
Memang repot kalau sudah kena yang beginian. Namun yang belum kena bersyukurlah. Pencegahannya bisa dilakukan dengan melapisi tembok  / dinding luar dengan cat yang memang khusus tahan terhadap kondisi luar ruangan seperti hujan. Banyak kok dijual di toko bangunan.

Namun yang sudah terinfeksi (hehehe…) ada baiknya kalau bagian tembok / dinding yang kena dikeruk sedikit dan kemudian dilapisi dengan semen. Bisa juga dengan cat kembali. Namun kemungkinan untuk muncul kembali juga bisa.

Bagaimana menurut Anda?

2 comments:

  1. untung rumahku belum kena rembesan air. catnya mantap.

    ReplyDelete
  2. @Anonymous: baguslah kalau begitu. sedia payung sebelum hujan.

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !