Monday 21 March 2011

Benda Yang Memperkaya Wawasan Anda

3 comments:
 

LIDI
Lidi ini banyak gunanya. Selain menjadi sapu, bisa juga dikreasikan sebagai aksesoris yang bisa menambah semarak lingkungan kita. contoh kecil yang bisa adalah lidi ini bisa dianyam, dijadikan alas box, dll.


DAUN PANDAN
Daun pandan terkenal akan harumnya yang wangi. Selain untuk kue, ibu saya juga pernah memasak nasi dan memasukkan daun pandan. Alhasil, nasinya jadi harum. Harum yang dihasilkan daun pandan ini tidak hanya untuk makanan loh. Tapi bisa juga dijadikan sebagai pengharum ruangan. Tergantung bagaimana kita mengkreasikannya dalam ruangan.



ROTAN
Selalu saya mengingat masa smp saya kalau melihat rotan. Bagaimana tidak, guru saya selalu memukul saya pakai rotan. Sakitnya bukan main...pedas pedas pedih!
Rotan merupakan peralatan rumah tangga yang memiliki sifat elastis, kuat, ringan dan mudah dirangkai menjadi bentuk lain. Sayangnya rotan ini memiliki satu kekurangan, yaitu mudah terkena kutu bubuk (pin hole). Apalagi yah yang bisa dipelajari dari rotan ini? Mmm....ternyata dia itu mengeluarkan getah dari tangkai bunganya lho. Nama getahnya resin. Getah resin ini pun masih bisa dimanfaatkan terutama untuk mewarnai biola dan sebagai meni.


ECENG GONDOK
Kalau enceng gondok paling suka saya remas-remas bagian gembungnya. Soalnya saat diperas rasanya itu kreess...! hahahaha..... Tumbuhan gulma ini hidup di daerah air dengan tingkat pertumbuhan yang cukup cepat. Tapi, nih ada tapinya. Eceng gondok merupakan sumber lignoselulosa yang dapat dikonversi menjadi produk lain. contohnya jadi pakan ternak. Masih ada lagi, tumbuhan ini bisa dijadikan kompos dan budidaya cacing sebagai bahan baku produksi pangan ikan.


BAMBU
Siapa yang tidak kenal dengan bambu. Tanaman yang banyak di negeri cina, kesukaan panda. Di kampung saya juga banyak. Malah terkadang jadi bahan rebutan masyarakat. Penopang bangunan yang sedang dibangun itulah salah satu manfaatnya. Bisa juga dimakan lho, tapi yang masih berbentuk tunas, selain dari itu sudah tidak bisa. Ciri khusus dari bambu adalah bertahan lama, kuat, kokoh, dan cocok digunakan sebagai bahan furnitur. Pertumbuhannya juga sangat cepat, bisa memanjang 30 - 90 cm per hari.

3 comments:

  1. daun pandan paling enak ditanam di pot..kalo mau bikin kue tinggal petik daunnya aja.

    ReplyDelete
  2. ok banget tuh.....dan harumnya yang bikin ketagihan..

    ReplyDelete
  3. ada benda yang bisa dijadikan guru nggaag ?

    ReplyDelete

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !